Minggu, 02 Januari 2011

PSSI Bantu Pemain Loyal

JAKARTA (RP) – PSSI benar-benar kebakaran jenggot dengan adanya tiga klub Djarum Indonesia Super League (ISL) yang membelot ke Liga Primer Indonesia. Yaitu Persibo Bojonegoro, PSM Makassar, dan Persema Malang.

PSSI melalui PT Liga Indonesia (PT LI) selaku pengelola kompetisi sepakbola profesional Indonesia meminta kepada pemain untuk tidak serta mengikuti keinginan manajemen untuk pindah haluan. Sebab akibatnya fatal. Pemain bersangkutan akan di-blacklist oleh PSSI.

Menurut CEO PT LI Joko Driyono, jika ada pemain yang berniat untuk tidak mengikuti keinginan klub, PSSI siap memberikan bantuan hukum. ‘’Itu sebagai bentuk tanggung jawab kami karena saat teken kontrak dengan klub bersangkutan, pemain tandatangan untuk tampil di ISL. Bukan kompetisi yang lain. Karena itu kami akan beri bantuan hukum kepada pemain yang ternyata dipersulit tiga klub itu untuk pindah,’’ kata Joko.

Pria asal Ngawi ini mengungkapkan, karena kasusnya klub anggota ikut kompetisi lain di luar federasi, maka kasus sengketa pemain (yang tidak mau ikut LPI) dengan klubnya tidak bisa diselesaikan di PSSI. “Kasus seperti itu diselesaikannya ya di pengadilan. Makanya kami memberikan bantuan hukum kepada para pemain-pemain tersebut,” bebernya.

Presiden Direktur PT LI, Andi Darussalam Tabussala mengatakan, PT LI akan berusaha mengatasi apa yang menjadi hak dan kewajiban pemain selagi mereka bermasalah dengan klubnya.

Dalam bursa transfer Januari ini PT LI juga membebaskan klub-klub untuk merekrut pemain dari Persibo, PSM, dan Persema yang tidak bersedia bermain di LPI.

Nugraha Besoes, Sekjen PSSI mengatakan bahwa saat ini PSSI tengah mendaftar ulang para pemain asing di Indonesia yang sudah punya ITC.

“Jika ternyata diantara mereka ada bermain di LPI kami akan minta kepada pemerintah untuk mendeportasi mereka karena izin kerja mereka berdasar ITC, dan ITC adalah federasi (PSSI) yang mengeluarkan,” kata Nugraha. Pria asal Bandung ini juga menegaskan akan langsung minta kepada FIFA untuk mencabut sertifikat agen yang diberikan kepada para agen pemain yang diketahui menyuplai pemain untuk klub LPI.(ali/ko/jpnn)


Posted by idris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar