Sabtu, 29 Januari 2011

never ending journey-kisah perjalanan seorang entrepreneur

Di dunia ini, banyak kisah mengenai sepak terjang para wirausahawan yang didokumentasikan ke dalam bentuk buku ataupun tulisan-tulisan di surat kabar, dan selalu menarik untuk kita simak. Sebutlah tokoh-tokoh seperti Henry Ford yang memberi brand bagi industri otomotif di Amerika, Ray Kroc dengan McDonald’s-nya, hingga Konosuke Matsushita yang sukses bersama Panasonic. Mereka terkenal akan kegigihannya dalam menangkap peluang-peluang baru, menciptakan peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat sekitar, dan memberikan kontribusi yang tidak sedikit bagi nama baik negaranya di dunia internasional.

Di Indonesia, buku Never Ending Journey : Kisah Perjalanan Seorang Entrepreneur, Seorang wirausahawan nasionalis yang bernama Buntoro dengan PT Mega Andalan Kalasan-nya (PT MAK) tidak kalah hebatnya dengan para tokoh wirausahawan dunia, dan memberi warna baru bagi produk domestik dalam kancah industri nasional yang sejak dulu didominasi produk-produk asing.

Selama ini, sudah banyak tulisan yang memuat tentang perjalanan kesuksesan seorang wirausahawan, tapi sedikit bahkan jarang yang memuat tentang kritik representasi-verbal, naratif, maupun visual, yang peka terhadap kompleksitas hubungan antara dunia politik, dunia bisnis dan industri. Inilah yang ingin ‘digebrak’ oleh Teguh Sri Pambudi (Redaktur Majalah SWA) dengan tokoh nyata seorang Buntoro.

Buku ini sangat cocok bagi para calon wirausahawan atau siapa saja yang membutuhkan inspirasi dalam membangun usahanya dan haus akan kesempurnaan konsep-konsep fundamental bisnis dan industri sejati, juga bagi para pelaku bisnis-industri (profesional) dan masyarakat luas yang ingin memahami/mendalami esensi mengenai pentingnya hubungan antara jiwa bisnis-industrialis dan nasionalisme.

Buntoro adalah CEO PT. Mega Andalan Kalasan. Pada tahun 2004 perusahaan ini tercatat sebagai urutan 2 dalam Enterprise 50 (untuk perusahaan omzet di atas 10 milliar) pilihan Majalah Swa.

Pada tahun 2007, beliau terpilih sebagai salah satu Entrepreneur Of The Year 2007 Award Finalists versi Ernst & Young bersama beberapa entrepreneur sukses seperti Ciputra, V P Sharma, Sugiono Wiyono dan lainnya.

sumber;majalah swa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar