Minggu, 30 Januari 2011

biografi soekarno

Biografi sukarno adalah kumpulan data data kehidupan mantan presiden indonesia sekaligus yang pertama di indonesia , biografinya tidak bisa lengkap karena sumbernya sangat banyak dan juga takut salah untuk menulisnya di blog ini. mungkin secara singkat tentang Bapak soekarno bisa menjadikan gambaran untuk teman teman yang datang mengunjungi blog ini.

BUKU George Kahin tentang gerakan nasionalisme di Indonesia, demikian resensi The New York Times menyambut karya itu awal tahun 50-an, pada hakikatnya adalah catatan mengenai perkembangan komunisme di Indonesia serta peranan Soekarno selama bagian pertama abad lalu. Karya Kahin merupakan penulisan buka ganda – pembaca disuguhi catatan tentang perkembangan nasionalisme Indonesia dan sekaligus kisah gerakan komunisme Indonesia. Kini muncul lagi buku yang dikerjakan oleh Lambert Giebels (63), seorang politikolog Belanda.

Sekalipun Soekarno merupakan titik api perhatian Giebels, hasil karyanya itu seperti halnya buku Kahin mengenai perkembangan nasionalisme Indonesia, merupakan penulisan buka ganda juga. Bagi Giebels kisah Soekarno tak dapat dilepaskan dari perkembangan nasionalisme Indonesia hingga tercapai kemerdekaan. Sejak kemerdekaan Indonesia, lebih dari setengah abad lalu, sejumlah orang Belanda memang pernah menulis kisah-kisah mengenai Soekarno. Tetapi tak pernah dalam bentuk biografi seperti karya Lambert Giebels, yang pernah duduk dalam parlemen Belanda sebagai wakil Partai Buruh. Buah tangannya yang ber-judul “Soekarno – Nederlandsch onderdaan” atau “Soekarno-kawula Belanda” yang dipasarkan akhir tahun lalu, adalah bagian pertama dari dua buku riwayat hidup mantan presiden itu, dari lahir (1901) sampai 1950 ketika ia menjadi

Biografi Soekarno Terbaru Penulisan Subjek Ganda — Minggu, 19 Maret 2000 orang pertama di Indonesia. Bagian kedua masih dalam persiapan dan menurut rencana akan terbit dalam waktu dekat. Dalam risetnya yang memakan waktu hampir tujuh tahun, Giebels menemukan, Soekarno adalah seorang tokoh yang penuh pertentangan dengan belasan macam sisi pribadi yang saling bertolak belakang. Sisi positif maupun negatif itu, dibeberkan Giebels dengan hidup dan diwarnai dialog-dialog menarik. Dalam sejarah Indonesia -sejak Sukarno melibatkan diri dalam politik sampai memimpin negara ini sebagai presiden pertama-bukan saja berperan sebagai sutradara, khususnya selama dan menjelang revolusi fisik, tetapi sekaligus juga pelaku utamanya. Ambil misalnya “keterli-batan” Soekarno dalam pengerahan romusha ketika Indonesia diduduki tentara Jepang. Ia-khususnya di Belanda- diberi cap kolaborasi dan dijejerkan dengan orang-orang Belanda yang selama Perang Dunia Kedua bekerja sama dengan Nazi Jerman.

Mengenai peranannya itu Soekarno mengatakan kepada Cindy Adams, penulis pertama yang menulis biografi Soekarno, bahwa ia “tak segan-segan mengorbankan ribuan orang untuk menyelamatkan jutaan lainnya.”

sumber ( kompas )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar