Minggu, 02 Januari 2011

Duplikat Pedang Syaidina Ali

ZULFIKAR adalah pedang kuno yang dimiliki Syaidina Ali . Ali adalah sahabat sekaligus menantu Nabi Muhammad SAW. Ia memerintah kekhalifahan Islam 656-661 M. Dengan beberapa catatan sejarah, Nabi Muhammad SAW memberikan pedang Zulfikar pada syaidina Ali di Pertempuran Uhud.

Pedang Zulfikar termasuk salah satu dari 10 pedang terhebat di dunia. Nah, sebagai bentuk kekaguman atas pedang tersebut, di Pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Kabupaten Banjar, Anda bisa menemukan duplikatnya.

Di Toko Siti Wahdah, kawasan Pertokoan CBS, duplikat pedang Syaidina Ali tersebut dijual seharga Rp250 ribu per buah. Bentuknya melengkung khas pedang Arab dilengkapi sarung kulit.

"Pedang buatan pandai besi dari Nagara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini bukan pedang mainan, tapi pedang asli. Besinya berwarna putih mengkilat dengan ketajaman yang bisa diandalkan," terang M Arsyad, pemilik toko.

Meski pedang asli, lanjut Arsyad, tentunya pedang ini bukan untuk digunakan sembarangan. Para pembeli biasanya menjadikan pedang tersebut sebagai hiasan atau pajangan.

Zulfikar adalah pedang yang mengacu pada model pedang Asia Barat atau Asia Selatan dengan pisau melengkung. Sejarahnya, pedang Syaidina Ali digunakan pada Perang Parit yang merupakan upaya pengepungan Kota Madinah.

Selama pertempuran, Nabi Muhammad SAW, Syaidina Ali, dan pembela Islam membangun parit untuk melindungi Madinah terhadap kavaleri konfederasi yang jauh lebih besar.


Sumber: salmah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar