Rabu, 13 April 2011

peranan teknologi lnformasi dan komunikasi dibidang obat dan pengobatan dalam

Buku ini hadir pada saat yang tepat, ketika dunia praktisi dan pemerhati obat dan pengobatan di tanah air dituntut untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan proses pengobatan dan hasil yang dicapai, serta pengelolaan obat secara efektif, aman dan efisien.

Buku yang merupakan perpaduan karya para ahli informatika, farmasi, dan kesehatan ini juga menekankan pentingnya pemberian informasi kepada pasien dan masyarakat (consumer health informatics) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sistem informasi obat maupun sistem informasi kesehatan secara keseluruhan. Informasi tentang pengobatan dan obat yang dikonsumsi merupakan hak pasien yang dilindungi oleh undang-undang.

Sebagai buku yang memaparkan seluk beluk teknologi informasi & komunikasi, ilustrasi tentang rancangan sistem informasi dilengkapi dengan entity relationship diagram, data flow diagram, beberapa elemen decision support dan pemanfaatan web (linked open data) disajikan secara menarik dan cukup mudah diikuti. Kepada para pembaca disuguhkan pelbagai pilihan teknologi informasi & komunikasi yang relevan dengan proses pengobatan dan pengelolaan obat. Buku ini berhasil memicu keingintahuan pembaca untuk menggali lebih dalam beberapa aspek yang telah dibahas berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman praktis para kontributor. Oleh karenanya, buku ini perlu dibaca tidak saja oleh para pengembang sistem informasi, tetapi juga para praktisi pelayanan kesehatan yang terlibat dalam pengobatan, asuhan farmasi dan promosi kesehatan dalam rangka edukasi kepada pasien. Para akademisi dan mahasiswa yang menggeluti sistem informasi kesehatan dapat pula memetik manfaat dari materi yang terkandung dalam buku ini.
Prof. dr. Hari Kusnanto, DrPH.
(Ketua Minat Utama Sistem Informasi Manajemen Kesehatan, Program S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada).

Buku ini berisikan informasi yang sangat komprehensif dan detail mengenai proses pelayanan kefarmasian yang baik dan benar serta peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung perlindungan pasien di bidang obat dan pengobatan. Ditulis oleh pakar-pakar yang kompeten di bidangnya masing-masing. Saya yakin buku ini akan menjadi buku referensi penting dan pijakan untuk mengembangkan kedua bidang besar ini, bidang kesehatan dan teknologi informasi, secara saling bersinergi.
Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt.
(Koordinator Program Magister Farmasi Klinik, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada)


sumber;graha ilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar