Rabu, 13 April 2011

lepasnya tali pusat(pusar) bayi

Berapa lama tali pusat bayi akan lepas?
Apa yang harus dilakukan sebelum tali pusat bayi lepas?
Apa yang harus dilakukan setelah tali pusat bayi lepas?

Setelah melewati kehamilan dan melahirkan, ibu akan memulai hari baru dengan membawa bayi kecil, mungil dan paling lucu di dunia pulang ke rumah. Ibu mungkin melihat ada sesuatu yang aneh pada tubuh bayi ibu, tali pusatnya belum lepas. Tidak perlu kawatir karena memang tali pusat bayi tidak lepas seketika ketika si kecil dilahirkan. Beberapa responden kami mengaku tali pusat bayi akan lepas dalam waktu paling cepat 5 hari dan paling lama dua minggu.

Sebelum ini terjadi rawatlah kebersihan tali pusat dengan baik. Setelah dimandilan, gosok tali pusat tersebut dengan sabun, keringkan dan kemudian dibersihkan lagi dengan memberikan alcohol 70%. Bila tidak terjadi infeksi, biarkan tali pusat dalam keadaan terbuka untuk mempercepat pengeringan. Hindari mitos yang beredar seputar tali pusat seperti pemberian bedak, abu gosok, daun sirih dll untuk menghindari tali pusat menjadi sarang tetanus yang rawan penyakit tetanus.

Hindari penggunaan antiseptik mengingat adanya kandungan yodium di dalamnya. Penggunaan antiseptik berlebih akan mengakibatkan adanya gangguan terhadap pertumbuhan gondok.

sumber http://e-kehamilan.blogspot.com/2009/04/lepasnya-tali-pusat-bayi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar