Minggu, 20 Maret 2011

pro kontra memandikan bayi baru lahir

Sebagai kebudayaan, umat Islam mengutamakan mengumandangkan adzan sesegera mungkin setelah bayi lahir dan dibersihkan/dimandikan (sebagai bentuk wudhu)

Cairan yang mengotori bayi baru lahir

Salah satu ilmu yang wajib dimiliki oleh bidan/suster adalah prosedur memandikan bayi baru lahir. Pada saat baru lahir bayi memang terlihat kotor, hal ini wajar karena bayi memang berlumuran banyak cairan selain air ketuban. Cairan tersebut diantaranya mengandung darah, lendir dan mekonium (kotoran bayi berwarna hitam kental). Kulit bayi dapat juga diselimuti lemak berwarna putih.

Haruskah bayi baru lahir dimandikan?

Umat Islam mempunyai budaya untuk mengumandangkan adzan setelah bayi dilahirkan dan dibersihkan (sebagai bentuk wudhu). Ini dimaksudkan agar kata-kata pertama yang dapat dia dengar adalah seruan adzan yang mengajarkan kepadanya untuk berbuat baik.

Sesaat setelah bayi lahir, bayi membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan keadaan di luar kandungan. Inilah yang mendasari adanya teori yang menyebutkan bahwa bayi baru lahir baru boleh dimandikan setelah 6 jam dilahirkan.

Beberapa orang tua mungkin tidak mengindahkan hal ini dan bahkan banyak yang ingin segera menggendong bayinya yang telah bersih dan segera memulai program menyusui secara dini.

Bahaya memandikan bayi baru lahir

Ketika bayi baru lahir dipaksakan untuk mandi (walaupun dengan air hangat), air yang menjadi dingin (setelah beberapa waktu) akan menyebabkan hilangnya panas tubuh bayi karena terserap oleh air. Suhu tubuh bayi dapat turun dan aliran darah terganggu. Sebagai akibatnya bayi akan kekurangan oksigen dengan ditandai warna kulit tubuh yang membiru. Pertumbuhan sel – sel bayi juga terganggu akibat tidak lancarnya peredaran oksigen dalam tubuh.

Bagaimana cara membersihkan bayi yang benar?

Untuk menghindari hilangnya panas tubuh bayi akibat terkena air, seharusnya bayi baru lahir cukup dibersihkan /dikeringkan dengan menggunakan washlap atau handuk kering yang lembut dan bersih. Untuk lebih meningkatkan rasa percaya bayi kepada anda, dekap bayi diatas dada ibu (sekaligus untuk menjaga agar bayi tetap hangat).

sumber http://e-kehamilan.blogspot.com/2008/08/pro-kontra-memandikan-bayi-baru-lahir.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar