Selasa, 12 Juli 2011

puncak tertinggi dari pengembangan karir anda

Dari sekian banyak hal, salah satu hal yang paling diidam-idamkan dalam kehidupan ini adalah mencapai puncak karir yang selama ini kita impikan. Ada beberapa hal baik teknis maupun non teknis agar sukses di pengembangan karir. Dari sekian banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk mencapai puncak kesuksesan di karir adalah dengan memperhatikan dan mengembangkan sikap yang kita memiliki.

Berikut beberapa hal kemampuan dan sikap yang perlu diterapkan dan dikembangkan untuk dapat memperoleh kesuksesan dalam profesi dari sebuah karir:

***Kemampuan dalam berkomunikasi.

Dengan memiliki kemampuan komunikasi yaitu tepatnya adalah kemampuan berbicara dengan baik maka kita akan memiliki peluang lebih besar untukmengembangkan relasi yang selama ini kita bangun. Kemampuan berkomunikasi dengan baik dapat diterapakan baik dalam kehidupann formal maupun non-formal. Jika kita dapat berbicara dengan baik maka orang lain dapat menghormati kita (atau dalam bahasa gaulnya, sebaiknya supple mudah bergaul dengan orang lain).

Kemampuan berbicara dengan baik ini dapat dipelajari sehingga bukan hanya orang tertentu yang dapat memilikinya, karena jika kita mau belajar maka hal itu dapat diasah dan dimiliki untuk menunjang kesuksesan pengembangan karir kita. Kemampuan ini dapat diasah dengan cara-cara yang sederhana tapi harus dilakukan secara konsisten seperti misalnya dengan memperbanyak membanca buku, koran dan berbagai sumber informasi lainnya. Dengan sering membanca maka akan menambah ilmu pengetahuan, dan hal ini sangat membantu untuk dijadika suatu modal pengetahuan ketika berbicara dengan orang lain. Oleh karena itu jangan sampai dech dicap sebagai orang yang Jakasembung (gak nyambung kalau diajar berbicara he4).

*** Rasa percaya diri

Yah… Tentunya kita semua sepakat dan setuju jika sikap percaya diri sangat mutlak diperlukan untuk meraih karir yang cemerlang. Orang yang tidak memiliki percaya diri yang bagus dapat dikatakan sebagai layaknya prajurit yang sudah kalah terlebih dulu sebelum maju perang. Rasa percaya diri terutama sangat diperlukan ketika mengambil sebuah keputusan. Mengambil keputusan dengan penuh optimis, akan membuat orang lain menilai bahwa kita memang individu yang memiliki kualitas yang tinggi. Percaya diri dalam mengambil keputusan juga sangat mempengaruhi dari segi keberhasilan dari keputusan yang telah dibuat itu sendiri. Tapi memang rasa percaya diri sering bersifat fluktuatif atau sering turun naik sehingga tidak selamanya konstan. Oleh karena itu kita harus melatih diri untuk menjadi pribadi yang optimis dan selalu berpikir posistif.

*** Adanya sifat tanggung jawab

Sifat ini juga sangat diperlukan untuk mencipatkan pribadi dengan kualitas yang baik. Dengan adanya jiwa tanggung jawab, maka kita akan senang-tiasa mengerjakan suatu pekerjaan dengan maksimal karena merasa sangat bertanggung jawab atas keberhasilan atau tidaknya dari pekerjaan tersebut. Sifat ini akan diuji dan akan sangat kelihatan jelas ketika kita menghadapi suatu kegagalan atau masalah tertentu. Pribadi yang kurang rasa tanggung jawabnya maka akan lebih cenderung menyalahkan ke orang lain atau hal lain. Namun pribadi yang memiliki kuat rasa tanggung jawabnya jika mengalami suatu kegagalan, maka akan lebih cenderung melihat dan mengoreksi kekurangan yang dimiliki dalam dirinya sehingga menjadikan hal itu suatu pelajaran yang harus segera dibenahi dan berusaha untuk tidak mengulanginya dikemudian hari. Rasa tanggung jawab ini juga sering disebut dengan istilah akuntabilitas.

***Lebih mengutamakan berpikir positif

Dalam hal ini, berpikir positif bukan berarti melakukan tindakan tanpa perencanaan atau planning yang tidak jelas, namun lebih diutamakan sebagai suatu dorongan untuk cenderung berprilaku positif dan memiliki pola pikir yang lebih terarah pada suatu solusi jika menghadapi suatu persoalan dalam pekerjaan. Dengan mengutamakan positive thinking than negative thinking, maka kita juga akan lebih mudah untuk menepatkan diri dalam pergaulan. Dimana akan membuat diri kita lebih baik dalam hal pembawaan diri terutama dari segi tingkah laku.

***Dapat menghargai waktu

Secara pribadi mungkin saya lebih menjadikan hal ini nomor wahid syarat yang harus dimiliki untuk memperoleh puncak pengembangan karir yang cemerlang. Dengan dapat menghargai dan memanfaatkan waktu dengan baik maka seperti pepatah lama mengatakan time is money maka akan benar-benar terwujud dalam kehidupan kita. Semakin banyak waktu yang kita hargai, maka semakin banyak pula uang yang akan dihasilkan. Tentunya hal ini pada akhirnya akan menambah pemasukan kita tiap bulannya-kan he4.

***Kemampuan memecahkan suatu masalah

Seringkali kita menemukan banyak orang yang hanya dapat beragumen banyak tetapi untuk aplikasi dan tindakan dalam kasus di lapangan adalah nol besar, apalagi memberikan suatu solusi terhadap masalah yang dihadapi. Kemampuan dalam memberikan solusi adalah suatu hal yang susah untuk dipelajari sehingga dapat dikatakan tidak semua orang memiliki kemampuan ini. Kemampuan dalam memberikan solusi terhadap suatu masalah biasanya sikap mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

sumber;go-kerja.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar