Senin, 25 Juli 2011

puasa nyaman bagi penderita maag

Penderita penyakit maag perlu melakukan parawatan khusus agar dapat berpuasa dengan sehat dan nyaman. Jika Anda penderita penyakit maag, apakah yang perlu diperhatikan agar tetap nyaman dalam menjalankan ibadah puasa?

Identifikasilah jenis penyakit maag yang Anda derita, penyakit maag fungsional atau organik. Jika penyakit maag yang Anda derita berjenis fungsional, yaitu ada luka di saluran cerna, amankan lambung Anda dengan obat penekan asam lambung agar tidak terasa perih selama berpuasa. Ketika makan sahur atau berbuka, pilihlah hidangan yang aman bagi lambung, yaitu yang tidak merangsang produksi banyak asam lambung. Rokok juga merupakan konsumsi yang memperparah penyakit maag.

Bila penyakit maag yang Anda derita berjenis organik pun, Anda masih bisa menjalankan puasa, dianjurkan dengan konsumsi obat sakit maag secara teratur. Penderita penyakit maag apapun yang perlu mengkonsumsi obat penekan asam lambung sebaiknya tetap teratur mengkonsumsinya selama puasa. Namun, jika penyakit maag yang diderita sudah cukup parah, tidak dianjurkan puasa. Misalnya, jika mengalami pendarahan, ditandai dengan muntah darah atau buang air besar hitam, atau muntah berulang dan setiap makan. Dengan kondisi separah ini, penderita justru perlu dirawat di rumah sakit.

Demikian juga dengan penderita kanker saluran cerna, termasuk di lambung. Dengan identifikasi jenis penyakit maag dan perawatan yang tepat serta teratur, semoga Anda dapat menjalankan niat baik Anda untuk berpuasa dan semoga Anda memperoleh manfaat sebesar-besarnya.

sumber http://ramadan.detik.com/read/2010/08/22/124325/1425191/991/puasa-nyaman-bagi-penderita-maag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar