Senin, 25 Juli 2011

kamus bahasa upin ipin,betul...betul...betul..?

“Hmmm … sedapnya bau, apa yang mama buat tu?”, tiba-tiba terdengar suara yang tak a sing di telinga saya ketika sedang memasak di hari Minggu lalu. Sebenarnya saya tidak kaget kalau suar itu berasal dari Upin Ipin, film yang ditonton anak-anak kami setiap hari, namun yang jadi saya kaget ternyata suara itu muncul dari bibir mungil si bungsu kami … haaa?? Wah rupanya si bungsuku ini benar-benar sudah jatuh cinta sama Upin Ipin, hingga bahasanyapun diikuti.

Dari peristiwa diatas, akhirnya saya coba tuangkan ke tulisan saya sekarang ini dengan judul Kamus Bahasa Upin Ipin, Betul.. Betul.. Betul.. ?. Lho khok pakai tanda Tanya (?). haha .. karena ini bukan kamus sesungguhnya, karena kalau yang namanya kamus itu harus komplit dan detail kan? Nah karena ini hanya sebagian yang saya dapat kan dari berbagai sumber (internet, tv, film Upin Ipin, buku, saudara, dll).

Ini dia kamusnya :
Kata:

Berjaya : berhasil, Bila : Kapan
Boleh : bias, Budak : anak
Cakap : bicara, Cantik : bagus
Cikgu : bu guru, Garang : galak
Kecik : kecil, Lepas ni : setelah ini
Macam ni : seperti ini, Opah : nenek
Seronok : senang/gembira/bagus, Tadika : TK
dan masih banyak lagi ….

Kalimat :

Tak seronok tak ada baju baru = enggak senang kakalu enggak ada baju baru
Bila sampai masanya = kalau sudah waktunya
Apa yang kamu buat tu? = apa yang kamu lakukan
Sedapnya bau = baunya enak
Kak Ros bising tu = Kak Ros cerewet nih
Ini semua Kak Ros punya pasal = ini semua gara-gara Kak Ros

Cara pengucapannya :
* Pengucapan huruf “a” di akhir kata berubah jadi [ē] (e seperti pada kata”emas’). Contoh : apa = apē, siapa = siapē, saya = sayē
* Pengucapan huruf “r” di akhir kata, huruf “r” itu jadi hilang. Contoh : tidur = tido, kotor = koto
* Pengucapan huruf “u” yang diapit dua konsonan dalam suku kata akhir, bunyinya berubah menjadi “o”, contoh : takut = takot

Nah, enggak komplit kan?, makanya judul di atas pakai tanda Tanya [?] … hihihi….

Selamat mencoba & salam

sumber http://dunianyaanakkita.blogspot.com/2010/08/kamus-bahasa-upin-ipin-betul-betul.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar