Sabtu, 16 Juli 2011

operation nepture spear;berburu osama bin laden

Kisah perburuan Osama bin Laden oleh pasukan Sekutu yang dipimpin Amerika Serikat (AS). Kenapa AS dengan teknologi tingginya perlu waktu begitu lama untuk menemukan dedengkot Al Qaeda itu? Meski sudah diburu sejak 1998, keberadaan Osama baru terendus tahun 2011, setelah melewati massa pemerintahan tiga presiden AS, sejak Bill Clinton, George Walker Bush, hingga Barack Obama.

Masih ada setumpuk pertanyaan lain yang berusaha diungkap para penulis buku ini: Kenapa usaha pelacakan Osama memerlukan biaya sangat besar? Kenapa tugas mahapenting ini dipercayakan kepada Navy SEALs, bukannya kepada pasukan elite Delta Force? Dan Siapakah Shekh Abu Ahmed al-Kuwaiti, figur di balik terbongkarnya informasi soal rumah persembunyian di Abbottabat?

Apakah dunia akan lebih aman setelah tewasnya Osama? Atau, apakah kematiannya sebetulnya Cuma memberi efek kemenangan psikologis bagi AS? Sebagian negara Barat bahkan masih curiga bakal adanya serangan balik yang dahsyat dari kelompok-kelompok Osama dan Al Qaeda di berbagai penjuru dunia.

Buku yang mengupas liku-liku ”Operation Neptune Spear” (Operasi Tombak Neptunus), operasi perburuan Osama bin Laden yang berlangsung selama lebih dari 12 tahun.


sumber;kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar