Senin, 25 Juli 2011

agar ramadhan tidak menjebol kantong

Setelah sehari penuh menahan hawa nafsu termasuk lapar dan dahaga saat berpuasa, tidak sedikit orang yang ‘membalas dendam’ dan ‘merayakannya’ dengan makan berlebihan. Berbagai menu spesial yang dijajal, sering kali membuat pengeluaran membengkak dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Padahal, salah satu hikmah puasa adalah agar kita bisa lebih berempati terhadap penderitaan fakir miskin, yang kerap harus menahan lapar dan haus. Selain itu, bukankah lebih baik kalau uang yang berlebih itu disedekahkan saja?

Nah, jadikan ibadah puasa tahun ini lebih berarti dan tidak menjebol kantong, dengan mengikuti tips berikut ini:

Berbuka di rumah
Sedapat mungkin usahakan untuk berbuka puasa di rumah. Dengan demikian, Anda bisa menikmati sajian khas keluarga yang tentunya memiliki citarasa berbeda dibandingkan dengan makanan yang dijajakan di luar. Selain lebih hemat, berbuka puasa di rumah juga mempererat hubungan serta menciptakan keakraban di dalam keluarga.

Bawa bekal
Jika jam kerja di kantor tidak memungkinkan Anda untuk pulang lebih awal dan menikmati momen buka puasa di rumah, maka bawalah tajil untuk berbuka. Tidak perlu membawa makanan berat seperti nasi dan lauk pauk jika merasa malas, Anda cukup mengganjal perut dengan beberapa butir kurma, segelas teh hangat manis, dan beberapa potong kue kecil. Setibanya di rumah, Anda bisa menyantap hidangan khas keluarga yang tersedia.

Jangan lapar mata
Apabila terpaksa berbuka di luar, maka tahan nafsu Anda untuk membeli makanan ini dan itu. Biasanya, perut yang kosong karena berpuasa membuat kita menjadi mudah ”lapar mata”. Semua makanan terlihat enak sehingga Anda tergoda untuk membeli semuanya. Padahal, ketika bedug berbunyi, belum tentu kita mampu menghabiskan semua makanan itu. Bahkan kadang-kadang perut terasa penuh meskipun baru berbuka dengan segelas air dan sepotong kue. Ujung-ujungnya beberapa makanan tidak jadi dimakan dan kemudian dibuang.

Buka bersama
Jika Anda berbuka di tempat kerja, berbukalah bersama dengan teman-teman yang lain. Jika tidak memungkinkan untuk keluar, Anda bisa mengajak teman-teman untuk delivery order secara patungan. Sesekali Anda juga mengusulkan ide seru untuk potluck.

sumber http://www.mediaindonesia.com/webtorial/ramadan/tips.php?id=NzcxNQ==

Tidak ada komentar:

Posting Komentar