Minggu, 28 November 2010

penyakit rematik

Polymyalgia Rheumatica (PMR) adalah suatu gangguan peradangan yang meluas, menyebabkan sakit dan kekakuan otot, terutama di leher, bahu, lengan atas, paha dan pinggul.

Meskipun beberapa orang mengalami gejala-gejala ini secara bertahap, polymyalgia rheumatica dapat muncul dalam semalam. Orang dengan polymyalgia rheumatica bisa saja tidur dengan kondisi baik-baik saja, namun ketika bangun merasakan kekakuan dan rasa sakit.

Belum diketahui secara pasti pemicu polymyalgia rheumatica, tetapi gangguan ini dipengaruhi masalah sistem kekebalan tubuh, genetik dan faktor lingkungan. Selain itu, penuaan juga muncul untuk berperan dalam gangguan ini.

Gejala
Gejala Polymyalgia Rheumatica meliputi:
* Rasa sakit dari sedang hingga parah dan kekakuan pada otot-otot di pinggul, paha, bahu, lengan atas dan leher
* Kelelahan
* Kelemahan atau perasaan umum tidak sehat
* Kadang-kadang, sedikit demam
* Anemia–jumlah sel darah merah rendah

Pengobatan
Non-steroid Anti-Inflammatory Drugs (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen (Advil, Motrin, others) efektif dalam mengobati gejala-gejala ringanpolymyalgia rheumatica . Namun, dalam jangka panjang penggunaan NSAID dapat menyebabkan perdarahan lambung dan usus, retensi cairan, tekanan darah tinggi, gagal ginjal, gagal jantung kongestif yang memburuk, kelainan tes fungsi hati, dan kemungkinan perubahan kognitif.

Sumber: medlineplus dan mayoclinic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar