Selasa, 07 Juni 2011

penyebab gigi kuning

Bertambahnya usia dan seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengadung zat pewarna menjadi salah satu faktor penyebab warna gigi kusam atau menguning. Karna dalam makanan dan minuman berasal dari chromogens, molekul berpigmen yang bisa menempel pada gigi. Begitu juga dengan keasaman makanan dan minuman. Keasaman membuat warna makanan mengikis gigi, sehingga gigi lembek dan chromogens mudah menempel.

Rutin menggosok gig dan menghindari rokok merupakan salah satu cara agar gigi tetap sehat, putih, bersih. Namun ada beberapa makanan dan minuman yang perlu Anda waspadai. Ini dia deretan makanan dan minuman penyebab gigi kusam, kuning dan bernoda :

Permen

Bahan utama dari permen adalah gula. Banyak mengkonsumsi permen ternyata juga mempengaruhi kesehatan gigi, tidak hanya akan membuat gigi bolong dan keropos tapi juga dapat meninggalkan noda pada gigi.

Minuman bersoda

Umumnya minuman bersoda mengandung bahan pewarna yang kaya akan asam dan chromogens.Jika diminum secara rutin, molekul pigmen yang terkandung akan menempel pada gigi sehingga gigi cepat kusam.

Minuman berenergi

Asam yang terkandung dalam minuman berenergi dapat melunakan email gigi. Dan jika dikonsumsi secara rutin, minuman ini akan lebih cepat mengikis email gigi sehingga lebih gigi mudah menguning.

Teh hitam

Teh hitam kaya akan tannin dan chromogens yang dapat meninggalkan noda pada gigi. Bukan hanya itu saja, teh hitam pun bisa meninggalkan kerak jika diminum terlalu sering. Untuk membuktikannya, seduh teh hitam pada cangkir dan diamkan selama lebih dari 5 jam. Buktikan apa yang terjadi, sisa noda teh pasti akan menempel pada dasar dan batas air teh pada cangkir.

Saus

Saus kedelai, saus tomat, saus kari dan saus berwarna pekat lainnya juga diyakini potensial meninggalkan noda di gigi.

Sumber: http://www.kabarinews.com/article.cfm?articleID=35016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar