Selasa, 07 Juni 2011

arti kata pertamax dan hoax

Pertamax adalah sebuah istilah internet slang yang beredar di komunitas internet Indonesia, semacam di forum internet atau di sebuah komunitas blog. Istilah ini biasanya digunakan ketika ada seorang pembalas topik yang berhasil menulis sebagai komentator pertama di suatu tulisan tanpa membaca atau memahami tulisan tersebut terlebih dahulu.

Sejarah singkat
Istilah pertamax pertama kali datang di sebuah blog bernama KafeMotor dan dipopulerkan oleh pemilik blog tersebut. Penjelasan yang mungkin dapat menjelaskan darimana asal-usul kata tersebut ditemukan ialah karena blog tersebut mengangkat tema otomotif sebagai bahan pembahasannya. Oleh karena itu, digunakanlah istilah pertamax untuk menandai komentar pertama pada sebuah tulisan. Istilah ini kemudian menyebar ke banyak kalangan blogger Indonesia, yang kemudian diikuti oleh kalangan non-blogger lainnya semisal pada forum internet.

Istilah pertamax ini kemudian juga ditafsirkan dengan pemisahan kata “pertama” dan huruf “x”. Pembacaan huruf “x” sebagai “kali” didasarkan atas kebiasaan remaja pada tahun 2005-an yang umum menyingkat kata itu dalam komunikasi tertulis. Sehingga kata pertamax bisa berarti dibaca “pertama kali”.

Untuk mencegah komentator pertamax, terkadang pembuat artikel mengisi kolom komentarnya sendiri dengan pertamax atau kalimat yang senada segera setelah merilisnya.

Hoax
Bagi anda para ‘netter’ atau penggila internet mungkin tidak asing dengan kata “Hoax”. Kata yang sering kita jumpai di situs-situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Kaskus atau blog-blog dan lain sebagainya.

Tapi tahukah arti dari “Hoax”? “Hoax” adalah suatu kata yang digunakan untuk menunjukan pemberitaan palsu atau usaha untuk menipu atau mengakali pembaca dan atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu yang biasanya digunakan dalam forum internet seperti Facebook, Twitter, blog, dan yang paling sering adalah di forum Kaskus.

Tapi kebanyakan ‘netter’ yang banyak menggunakan kata “hoax” justru tak tahu bagaimana sejarah penggunaan kata “hoax” sendiri. Kata “hoax” sebenarnya muncul pertama kali di kalangan ‘netter’ Amerika, kata “hoax” didasarkan pada sebuah judul film yang berjudul “The Hoax”.

“The Hoax” adalah sebuah film drama Amerika tahun 2006 yang disutradarai oleh Lasse Hallström dan diskenario oleh William Wheeler, film ini dibuat berdasarkan buku dengan judul yang sama oleh Clifford Irving dan berfokus pada biografi irving sendiri,serta Howard Hughes yang dianggap membantu menulis.

Banyak kejadian yang diuraikan Irving dalam bukunya yang diubah atau dihilangkan dari film, dan penulis kemudian berkata, “saya dipekerjakan oleh produser sebagai penasihat teknis film, tapi setelah membaca naskah terakhir saya meminta agar nama saya dihapus dari kredit film.itu mungkin disebabkan karna plot naskah tak sesuai dengan novel aslinya, “

Sejak itu, film “Hoax” dianggap sebagai film yang banyak mengandung kebohongan, sehingga kemudian banyak kalangan terutama para ‘netter’ yang menggunakan istilah ‘hoax’ untuk menggambarkan suatu kebohongan, lambat laun, penggunaan kata ‘hoax’ di kalangan netter makin gencar. Bahkan kabarnya kata ‘hoax’ digunakan oleh ‘netter’ di hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia.

sumber http://faktabukanopini.blogspot.com/2011/01/arti-kata-pertamax-dan-hoax.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar