Sabtu, 14 Agustus 2010

TIMUN MAS

ua raja Jin sedang bertempur. Raja Jin Merah yang bernama Kala Dungga dan ketika ia hendak dihabisi nyawanya oleh Raja Jin Hijau, sekonyong-konyong ditolong oleh Kyai Ahmad Sholeh sehingga Kala Dungga luput dari maut.
Sebagai rasa terima kasih pada Kyai Ahmad Sholeh, Kala Dungga menikahkan puterinya, Mayang Arum dengan Kyai Ahmad Sholeh. Kyai Ahmad Sholeh kembali ke alam manusia setelah istrinya melahirkan beberapa anak. Sebelum matinya Kyi Ahmad Sholeh berwasiat pada keluarganya yang dari bangsa Jin bahwa salah seorang dari keturunnya yang setengah Jin dan setengah manusia harus ada yang kawin dengan manusia.
Karena itu untuk memenuhi perintah kakek moyangnya, Ahmad Kala Manyu, salah seorang dari keturunan bangsa jin dari Kyai Ahmad Sholeh menaruh bayi cucunya pada sebuah timun raksasa. Timun raksasa itu diberikan pada Mbok Rondo dan bayi yang ditemukan didalam timun itu dipelihara Mbok Rondo yang kemudian diberi nama Timun Mas!
Timun Mas yang semula bangsa jin berkembang jadi gadis cantik. Raja Jin Kala Raja ingin mengawinkan putranya, Kala Seta dengan Timun Mas. Kyai Ismail dengan kemenakannya, Hendrawan juga ingin mempersunting Timun Mas sebagai istrinya pula. Kyai Ismail dan Hendrawan adalah keturunan dari Kyai Ahmad Sholeh. Dia ingin memenuhi wasiat kakek moyangnya. Karena itu Kyai Ismail berjuang mati-matian melawan Raja Jin Merah Kala Raja yang hendak menarik Timun Mas kealam Jin kembali.
Kala Raja mengirimkan raksasa Kala Bendana untuk mengambil Timun Mas balik ke alamnya lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar