Rabu, 18 Mei 2011

memahami hukum diindonesia;sebuah korelasi antara politik,filsafat dan globalisasi

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Urgensi akan pemahaman holistik terhadap hukum adalah sebuah hal yang tak bisa ditawar-tawar dalam sebuah masyarakat yang menganut prinsip supremasi hukum (the rule of law). Persoalannya, adalah sebuah hal yang sangat mustahil untuk memahami hukum Indonesia mengingat berbagai kendala, utamanya diakibatkan oleh masih lemahnya tradisi akademis.

Terlepas dari berbagai ambiguitas sekaligus anomali yang menghadangnya, buku ini berupaya mengurai tema besar yang sangat sulit ini secara sederhana dengan melihatnya secara utuh. Ini tidak bisa dilepaskan dari argumentasi dasar dari buku ini yakni hukum Indonesia tidak bisa dilepaskan dari dinamika di luar, mulai dari Hiduisme, kolonialisme sampai globalisasi. Upaya ini dimulai dengan menempatkan diskursus atas konsepsi hukum dalam konteks lebih luas, yakni di tingkat internasional.

Dalam bahasan pada bagian ini, pembaca diajak mengenal berbagai perspektif terkini dalam studi hukum kontemporer, termasuk hukum dan ekonomi, feminisme, post-kolonialisme. Selanjutnya, bahasan beralih pada realitas hukum yang terbagi ke dalam berbagai keluarga hukum, seperti civil law, common law, dan hukum religius. Setelah menyiapkan konteks, bahasan mulai tertuju pada Indonesia, mulai dari studi kesarjanaan, sistem pendidikan sampai profesi-profesi dalam sistem hukum Indonesia. Alhasil, buku ini tidak hanya mampu memberikan bahasan akademik atas apa yang dimaksud dengan “hukum”, tapi lebih dari itu, ia menyediakan referensi yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat luas terkait dengan berbagai tema besar yang sangat mendasar dalam studi hukum itu sendiri.

sumber;mata hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar