Rabu, 24 Agustus 2011

sehat dan waktu luang

Sabda Rasulullah saw: “Ada dua kenikmatan yang dilupakan oleh banyak orang, yaitu kesehatan dan waktu luang” (HR. Bukhari)
Kenikmatan yang diberikan Allah swt kepada kita memang tiada taranya. Manusia dapat menghirup udara dengan bebas, tanpa ada bayaran sepeser pun, itu karena nikmat dari Allah swt. Allah swt memberikan kita fisik yang sempurna, bebas bergerak kesana kemari dan diharapkan selalu melakukan banyak kebaikan. Namun terkadang manusia suka lupa mensyukurinya, terutama di kala ia senang dan sehat yang hanya digunakan untuk hal-hal duniawi.

Seseorang biasanya baru menyadari bahwa kesehatan itu amatlah penting ketika ia jatuh sakit. Ketika sakit, ia mengeluarkan banyak biaya untuk berobat. Ketika sakit, ia tak dapat beraktivitas sebagaimana mestinya. Dan yang terpenting, apabila sakitnya cukup parah hingga tidak bisa bangun dari tempat tidur, ia kesulitan melakukan sholat dan ibadah lainnya. Ketika sakit itulah, ia tersadar dan menyesali mengapa di waktu sehat ia tak mendekatkan diri dengan Tuhannya, Allah swt.

Kesehatan memanglah salah satu nikmat Allah swt yang utama. Tanpa kesehatan yang baik, kita tidak bisa bekerja dan melakukan hal-hal yang kita inginkan. Oleh karena itu, betapa pentingnya menjaga kesehatan, baik kesehatan jiwa maupun raga, jasmani maupun rohani. Di kala sehat manusia juga diuji, apa saja yang ia lakukan dengan tubuhnya yang sehat itu. Maka akan sangat baik jika tubuh yang sehat ini kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Pagi hingga sore bekerja mencari rizki yang halal, beribadah/sholat di sela-sela kesibukan bekerja, menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk besedekah, serta ibadah lainnya.

Begitu pula dengan waktu luang yang kita miliki. Waktu sama berharganya dengan kesehatan. Terlabih jika setiap hari kita disibukkan dengan berbagai aktivitas. Seolah 24 jam itu tak cukup untuk kita. Bekerja, bekerja, dan bekerja. Seolah tak ada lagi waktu untuk keluarga, untuk istirahat, bahkan untuk beribadah.

Maka ada baiknya jika waktu luang itu kita gunakan dengan sebaik mungkin. Di waktu yang sempit, kita bisa beribadah di sela-sela kesibukan. Di waktu luang, kita bisa lebih banyak lagi mengerjakan amal ibadah, mengejar pahala untuk akhirat kita nanti. Di samping itu, keluarga kita juga membutuhkan kita. Waktu luang kitalah yang sangat berharga bagi mereka, karena mereka juga mengharapkan kita untuk bisa hadir di tengah-tengah mereka. Memang waktu luang itu sangat berharga, banyak hal bermanfaat yang dapat kita lakukan, seperti menyenangkan keluarga dan kerabat.

Dengan demikian, kesehatan dan waktu merupakan nikmat Allah swt yang wajib kita syukuri. Kita wajib mengingat bahwa dua nikmat tersebut haruslah kita gunakan dengan sebaik-baiknya, bukan hanya untuk kepentingan duniawi tapi juga kepentingan akhirat. Dan gunakan nikmat itu untuk taat kepada-Nya. Firman Allah swt: “Dan ingatlah ketika Rabb-mu memaklumkan: ‘Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat itu kepada kalian. Dan jika kalian mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’.” (QS. Ibrahim: 7)

sumber http://cahyaislam.wordpress.com/2009/07/01/nikmat-allah-swt-sehat-dan-waktu-luang/#more-496

Tidak ada komentar:

Posting Komentar